Sunday, July 6, 2014

MANFAAT KURMA BAGI KESEHATAN

MANFAAT KURMA BAGI KESEHATAN

3 votes, average: 1.67 out of 53 votes, average: 1.67 out of 53 votes, average: 1.67 out of 53 votes, average: 1.67 out of 53 votes, average: 1.67 out of 5


milazone,com
Buah yang satu ini identik dengan bulan suci Ramadhan. Ya, kurma. Buah manis dari jazirah Arab ini memang wajib ada di setiap bulan puasa. Bahkan Rasulullah SAW pun mewasiatkan kepada kita untuk berbuka dengan kurma. Rupanya kurma memang memiliki banyak manfaat, berikut adalah beberapa di antaranya:
  1. Menghindari kanker dan sakit jantung
Kaum Arab Badawi yang mengonsumsi kurma secara teratur terbukti memiliki tingkat kejadian kanker dan penyakit jantung yang sangat rendah. Kandungan kalium yang ada dalam kurma membantu tubuh mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah sehingga mengurangi resiko terjadinya serangan jantung dan stroke.
  1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Kandungan kalsium tinggi yang ada dalam buah kurma berperan penting untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi.
  1. Mengatasi anemia
Kurma mengandung zat besi yang berguna untuk pembentukan hemoglobin pada sel darah merah. Kurma juga berfungsi meningkatkan jumlah trombosit dalam darah.
  1. Memelihara rambut
Kurma mengandung vitamin B5 yang berfungsi menguatkan rambut, merawat akar rambut sehingga menghindarkannya dari kerontokan
  1. Sumber vitamin A
Seperti yang sudah kita ketahui, vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, memelihara dan melembabkan mata serta menguatkan penglihatan.
Subhanallah, sungguh banyak manfaat yang terkadung dalam buah kurma, tidak heran Rasulullah SAW menyebutnya sebagai berkah.
Dari Salman ibn ‘Aamir, Sesungguhnya Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian akan berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma sebab kurma itu berkah, kalau tidak ada maka dengan air karena air itu bersih dan suci. (HT. Abu Daud dan Tirmidzi).

No comments:

Post a Comment